Rabu, 23 Februari 2011

Toyota iQ

Toyota mengabarkan akan menampilkan prototipe iQ elektrik pada Geneva Motor Show 2011 bulan depan. Sekaligus merupakan pemunculan pertama di hadapan publik Eropa.

Model konsep ini berbasiskan model produksi iQ yang beredar saat ini namun diberi sistem penggerak bertenaga listrik hasil pengembangan teknologi Electric Vehicle terbaru dari Toyota.

Kehadirannya dimaksudkan untuk menunjukkan kemampuan teknologi mobilitas tenaga listrik pada sebuah kendaraan urban dan diadaptasikannya Hybrid Synergy Drive technology sebagai tenaga penggerak alternatif asal pabrikan ini.


Para insinyur di markas riset dan pengembangan Toyota berhasil mengintegrasikan secara penuh sistem penggerak bertenaga listrik ke dalam iQ yang mungil.

Sistem ini terdiri dari sebuah motor listrik kompak yang ditenagai oleh baterai Lithium-Ion hasil pengembangan terbaru dari Toyota yang disematkan di bawah lantai iQ.

Posisi ini sebelumnya diisi oleh tangki bensin pada model konvensionalnya.Paket baterai ini diklaim tak akan mengganggu ruang kabin penumpang. Sebab memiliki bentuk lebih tipis sehingga tetap mengakomodasi ruangan yang cukup lega bagi penggunanya.

Baterai hasil pengembangan ini mampu menyuplai tenaga untuk menempuh jarak 105 km dalam kondisi penuh.


Model konsep ini akan diujicoba di Eropa pada akhir tahun ini,dan berpotensi untuk diluncurkan pada awal tahun depan dengan didahului sebuah program leasing.

Toyota juga akan menghadirkan model ini di Amerika dengan membidik konsumen muda.Sebab ia akan hadir melengkapi line up produk merek Scion dan juga menganalisa kemungkinan pemasaran produk ini di kawasan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar